GrasiaCare

ilustrasi boneka beruang sakit ISPA

Mengenal ISPA: Gejala, Penyebab dan Pencegahannya

Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA), umumnya dikenal sebagai flu biasa, merupakan masalah kesehatan yang sering terjadi, terutama selama musim dingin. Infeksi ini dapat menyerang siapa saja, tanpa memandang usia atau jenis kelamin, dan dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan waktu henti. Pada artikel ini, kita akan mempelajari apa itu ISPA, gejalanya, penyebabnya, serta cara mencegahnya secara efektif.

Apa itu ISPA?

Infeksi Saluran Pernapasan Atas adalah infeksi virus yang terutama menyerang saluran pernapasan bagian atas. Ini termasuk hidung, tenggorokan, dan sinus. Meskipun ISPA biasanya ringan dan dapat disembuhkan dengan sendirinya, penyakit ini masih dapat menyebabkan berbagai gejala yang tidak nyaman.

Gejala Umum

Hidung meler atau tersumbat: Salah satu tanda khas ISPA adalah hidung tersumbat atau meler. Hal ini sering kali disertai dengan bersin.

Sakit tenggorokan: Tenggorokan yang gatal atau nyeri adalah gejala umum lainnya. Menelan mungkin terasa tidak nyaman.

Batuk: Batuk yang terus-menerus, seringkali kering atau berdahak, dapat berlangsung selama beberapa hari.

Bersin: Sering bersin sering terjadi selama ISPA karena iritasi hidung.

Kelelahan: Merasa lelah dan rendah energi adalah hal yang biasa terjadi pada ISPA.

Demam ringan: Terkadang, demam ringan bisa menyertai ISPA, meski lebih sering terjadi pada anak-anak.

Penyebab

Infeksi Saluran Pernapasan Atas biasanya disebabkan oleh virus, dengan rhinovirus sebagai penyebab paling umum. Virus ini sangat menular dan dapat ditularkan melalui:

Kontak langsung: Menyentuh permukaan atau berjabat tangan dengan orang yang terinfeksi.

Tetesan di udara: Menghirup tetesan pernapasan saat orang yang terinfeksi batuk atau bersin.

Kontak tidak langsung: Menyentuh permukaan yang terkontaminasi virus, seperti gagang pintu atau benda yang digunakan bersama.

Tindakan Pencegahan ISPA

Mencegah Infeksi Saluran Pernapasan Atas dan mengelola gejalanya sangatlah penting. Berikut beberapa tipnya:

Kebersihan tangan: Cuci tangan secara teratur dengan sabun dan air setidaknya selama 20 detik. Gunakan pembersih tangan ketika sabun dan air tidak tersedia.

Hindari kontak dekat: Usahakan menjaga jarak aman dari orang yang sakit untuk mengurangi risiko penularan.

Tetap di rumah saat sakit: Jika Anda mengalami gejala ISPA, penting untuk tetap berada di rumah untuk mencegah penyebaran virus ke orang lain.

Menutup mulut dan hidung: Saat batuk atau bersin, gunakan tisu atau siku untuk menutup mulut dan hidung untuk mencegah penyebaran kuman.

Dapatkan vaksinasi: Pertimbangkan untuk mendapatkan vaksin flu untuk melindungi terhadap influenza, yang dapat memiliki gejala yang mirip dengan ISPA.

Tetap terhidrasi: Minum banyak cairan dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan membuat Anda tetap terhidrasi.

Istirahat: Istirahat yang cukup sangat penting bagi tubuh Anda untuk melawan infeksi.

Kesimpulan

Infeksi Saluran Pernapasan Atas merupakan gangguan umum yang dapat mengganggu kehidupan sehari-hari. Namun, dengan memahami gejala, penyebab, dan mengikuti tindakan pencegahan, Anda dapat mengurangi risiko tertular dan menyebarkan infeksi ini. Ingatlah bahwa kebersihan tangan yang baik, jarak sosial bila diperlukan, dan perawatan diri yang tepat dapat membantu dalam mengelola dan mencegah ISPA. Jika gejalanya menetap atau memburuk, konsultasikan dengan profesional kesehatan untuk mendapatkan panduan. Jaga kesehatan!

GrasiaCare adalah salah satu penyedia layanan Medical Assistance di Indonesia dan telah bekerja sama di lebih dari 100 rumah sakit di Indonesia, Malaysia dan Singapura. Apabila kalian membutuhkan bantuan terkait rekomendasi dokter maupun rumah sakit? atau membutuhkan bantuan pemesanan kamar rawat inap rumah sakit maupun booking janji temu dengan dokter spesialis? Cukup hubungi Whatsapp hotline GrasiaCare di nomor 0819 1122 2728 aja! Cukup 1 nomor untuk memudahkan semua kebutuhan medis kamu.

Scroll to Top